Daftar Perusahaan yang Membuat Laporan Keberlanjutan

Melanjutkan dari tulisan yang sebelumnya, dalam tulisan ini ditampilkan daftar perusahaan yang membuat Sustainability Report (SR). Sumber utama daftar ini diambil dari situs kementerian BUMN. Kemudian dilakukan pengecekan perusahaan mana saja yang melakukan publikasi SR di situs perusahaan. Gambar berikut merupakan daftar perusahaan yang membuat dan mempublikasikan laporan keberlanjutannya.

listGambar 1. Daftar Perusahaan yang membuat Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report)

Seperti yang disampaikan pada tulisan sebelumnya, dapat dilihat tren dari tahun ke tahun bagaimana publikasi laporan ini pada lingkungan BUMN. Dimulai dari tahun 2006, dimana PT Aneka Tambang Tbk dan PT Telkom Tbk menjadi dua perusahaan pertama dilingkungan BUMN yang melakukan publikasi laporan ini. Kemudian ditahun 2007 tiga perusahaan juga mengeluarkan laporan keberlanjutan periode tersebut, yaitu PT Jasa Marga Tbk, PT Bukit Asam Tbk dan PT Timah Tbk. Sehingga pada tahun 2007 jumlah perusahaan yang mengeluarkan SR sebanyak lima perusahaan.

list-detail-yearGambar 2. Daftar rincian per tahun publikasi SR tahun 2006 – 2015

Pelan namun pasti, tren dari tahun ke tahun menunjukan peningkatan. Pada tahun 2013 jumlah total BUMN yang melakukan publikasi sebanyak 25 perusahaan. Gambar 2 menunjukan informasi rinci masing-masing perusahaan dari tahun 2006 hingga 2015.

Daftar Perusahaan yang Membuat Laporan Keberlanjutan

102 thoughts on “Daftar Perusahaan yang Membuat Laporan Keberlanjutan

Leave a comment