Mudahnya Berinvestasi di Era Digital

Dengan pesatnya kemajuan teknologi saat ini, budaya konsumerisme semakin terfasilitasi dengan adanya E-Commerce. Mudah dan cepat itu menjadi sebuah moto dalam menggaet individu untuk mengeluarkan uangnya. Sayangnya ini menjadi efek negatif jika hanya konsumtif saja.

Financial Technology semakin berkembang, sehingga berbagai macam layanan keuangan yang dulu hanya bisa dilakukan oleh perbankan dan lembaga keuangan dengan metode tatap muka (fisik). Dengan kondisi sekarang solusi digital telah mengubah dunia keuangan. Aktivitas perbankan dan keuangan yang dulu terbatas oleh batasan fisik kini menjadi sebuah masa lalu. Dimulai dari SMS banking hingga akhirnya adanya Internet Banking yang kemudian dilengkapi oleh Mobile Banking.

Pada tulisan kali ini, akan dibandingkan dua platform transaksi daring, yaitu Tokopedia dan Bukalapak.

Tokopedia – Reksa Dana

Produk RD yang ditawarkan hanya satu, namun hal ini membuat investor pemula tidak bingung dalam memilih. Sehingga mendorong pemula lebih cepat memutuskan untuk membeli produk. Yang perlu dipikirkan adalah seberapa besar dana yang ingin dinvestasikan. Pada Tokopedia produk yang tersedia hanya satu yaitu: Reksa Dana Syailendra Dana Kas – Reksa Dana Pasar Uang. Minimal transaksi sebesar Rp. 10.000 sudah bisa mendapatkan sejumlah unit Reksa Dana.

Fitur unggulan seperti Instant Buy dan Instant Redemption membuat investasi pada platform ini menjadi lebih likuid. Pada aplikasi ini kita juga bisa memantau jumlah investasi, pergerakan harga hingga jumlah keuntungan. Dan apabila kita ingin melakukan pembelian secara terjadwal bisa menggunakan fitur “Langganan”.

Bukalapak – BukaReksa

Hasil gambar untuk bukareksa

Pilihan produk reksa dana yang beragam, memberikan alternatif yang banyak dalam membangun portofolio. Calon investor atau investor dapat menginvestasikan dana kedalam beberapa jenis produk agar bisa memiliki portofolio yang menghasilkan imbal yang maksimal. Produk yang ditawarkan cukup banyak untuk semua jenis Reksa Dana. Jika pada Tokopedia-Reksa Dana hanya RD Pasar Uang pada Bukalapak-Bukareksa juga tersedia RD Pendapatan Tetap, RD Campuran dan RD Saham. Dengan jumlah transaksi minimal yang sama dengan Tokopedia, BukaReksa bisa menjadi alternatif platform bagi investor pemula dalam membeli Reksa Dana.

Dengan jumlah produk yang ditawarkan cukup beragam, BukaReksa memberikan rekomendasi produk dengan kinerja yang cukup bagus dalam 30 hari terakhir. Sehingga apabila kita bingung dalam menentukan produk yang ingin dibeli, maka rekomendasi ini bisa menjadi bahan pertimbangan. Fitur pemantauan juga mirip dengan Tokopedia, dimana kita bisa melihat jumlah investasi hingga persentase keuntungan.

Proses Pembelian dan Penjualan

Yang perlu dilakukan pertama kali agar bisa bertransaksi adalah registrasi. Proses registrasi ini dilakukan agar kita bisa mendapatkan SID (Single Investor Identification). Proses pembelian reksa dana pertama kali bisa segera dilakukan. Setelah memutuskan berapa nilai investasi proses pemesanan kemudian pembayaran bisa dilakukan.

Sedangkan proses penjualan, untuk Tokopedia bisa dilakukan secara cepat. Transaksi pencairan akan langsung diproses dalam hari yang sama. Namun dana hasil pencairan akan masuk terlebih dahulu kedalam saldo Tokopedia. Setelah itu kita baru bisa melakukan transfer ke rekening bank yang kita inginkan.

Untuk Bukalapak, proses pencairan dana membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan Tokopedia. Namun dana hasil pencairan akan langsung masuk kedalam rekening bank yang sebelumnya sudah didaftarkan pada saat registrasi awal.

infographic_1_rd_comp

Akhir kata, kedua aplikasi memiliki kelebihan tersendiri. Kembali keputusan kepada kita sendiri mana yang akan dipilih dan digunakan sebagai sarana melakukan investasi pada Reksa Dana.

Advertisements
Mudahnya Berinvestasi di Era Digital

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s