Implementasi Sistem untuk Perusahaan Skala Menengah

Bila mendengar implementasi sistem informasi seperti ERP dan kawan-kawannya pasti masalah biaya tidak bisa dihindari untuk dibahas. Biaya lisensi merupakan bagian pertimbangan selain biaya untuk perangkat keras (hardware). Bila kita lihat pada perusahaan yang sudah besar, anggaran untuk teknologi informasi sudah menjadi perhatian. Dengan nominal yang lumayan untuk bisa mendapatkan hasil yang diinginkan. Berbeda dengan perusahaan menengah atau baru berkembang, yang belum memiliki anggaran yang besar untuk investasi sistem informasi. Implementasi sistem level enterprise masih menjadi momok karena harga yang mahal. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan mereka belum atau tidak mau untuk menggunakan sistem informasi.

Hal ini dapat mempengaruhi operasional dari perusahaan tersebut. Proses manual ataupun pekerjaan pengolahan data menggunakan spreadsheet menjadi senjata utama. Risiko seperti kehilangan data, duplikasi data hingga proses pelaporan yang membutuhkan waktu lama menjadi tidak terhindarkan. Dari aspek strategis, pembuatan keputusan menjadi terhambat dan jika keputusan dibuat atau dipilih, belum tentu keputusan tersebut adalah benar dan tepat.

Solusi Open Source

Sebagai tahap awal dalam penggunaan sistem, pendekatan ini memiliki biaya investasi yang minimal. Perusahaan dengan skala yang belum besar dapat menggunakan sistem ini tanpa harus terpaku pada anggaran yang besar. Komponen yang akan dibangun bisa semuanya menggunakan pendekatan ini.

  • Operating System (OS) : Linux, CenOS, Ubuntu
  • Database: MySQL, PostgreSQL
  • ERP System: Idempiere; Apache Ofbiz
  • Supporting application & component: JasperReport, BIRT

Pendekatan ini menggunakan solusi aplikasi Open Source akan memberikan dampak biaya lisensi yang minim/tidak ada. Namun tidak menutup kemungkinan adanya biaya seperti jasa implementasi dari pihak luar perusahaan. Perusahaan juga bisa fokus dalam menyediakan perangkat keras yang sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Pendekatan ini bisa menjadi langkah awal penggunaan sistem informasi bagi sebuah perusahaan. Dimana langkah awal ini bisa menjadi sebuah tahapan evaluasi.

Untuk pengembangan selanjutnya, perusahaan dapat memutuskan strategi sistem informasi yang lebih komprehensif. Dari evaluasi yang sudah dilakukan mereka bisa memutuskan bagaimana langkah selanjutnya. Keputusan utama yang perlu diambil dalam langkah berikutnya adalah ‘Melanjutkan’ atau ‘Mengganti’. Kedua keputusan ini akan mengakibatkan banyak hal yang perlu dilakukan.

Namun pembahasan dalam tulisan ini menitikberatkan pada jumlah biaya yang akan dikeluarkan. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar implementasi sebuah sistem bisa berhasil dan mampu memberikan nilai tambah yang maksimal. Solusi penggunaan Open Source dalam jangka panjang membutuhkan strategi dan manajemen yang baik. Namun apabila terjadi penggantian, perusahaan sudah memiliki pengalaman dan pembiasaan dalam penggunaan sistem informasi. Mereka sudah mampu untuk mendefiniskan apa yang menjadi kebutuhan dan peningkatan yang perlu dilakukan.

Advertisements
Implementasi Sistem untuk Perusahaan Skala Menengah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s